Tips-tricks blogger emang lagi getol banget nih dengan topik optimalisasi blog, baik dalam konteks SEO, performance, appearance, dan tujuan akhirnya: Traffic blog. So, untuk hal-hal yang berbau script, HTML, CSS, dan lain-lain agak ditinggalkan dulu Hehe.
Ada baiknya sebelum masuk ke tips mengembangkan jumlah pageview blog, kita lihat dahulu apa akar rumput dari pageview. Sebuah blog tentunya tidak akan lengkap tanpa hadirin (visitor) yang menyaksikan dan membaca halaman-halaman blog tersebut. Maka, kehadiran hadirin sangatlah penting bagi seorang narablog/blogger. Blog yang sepi bagaikan gurun pasir yang ditengahnya ada mata air tetapi tak seorang pun mengetahuinya. Hiks.....sedih kan? Nah, dengan adanya hadirin maka setiap halaman artikel/posting yang sudah dibentuk menjadi memiliki arti dan terhargai, terlebih kalau dilihat berkali-kali. Nah disini kita mulai bicara wacana dua komponen: visitor dan pageview.
Visitor tiba dari banyak sekali macam sumber, misalnya: search engine, direktori, social bookmark, dari blog/website lain, atau dari bookmark browser yang dibentuk oleh hadirin sendiri. Sedangkan pageview, mengacu pada jumlah halaman yang dibaca/dilihat oleh pengunjung/visitor. Perpaduan keduanyalah yang kemudian kita kenal dengan perumpamaan traffic, yakni perpaduan arus dan jumlah hadirin serta halaman yang ditampilkan.
Untuk memperjelas kiat yang nanti diberikan, mesti diketahui dahulu dua perbedaan antara visitor dan pageview. Jumlah visitor yang banyak belum tentu pageview-nya banyak. Loh? Iya, benar. Misalnya nih, sebuah blog mempunyai visitor berjumlah 100 orang, masing-masing baca 1 halaman, memiliki arti jumlah pageview-nya yakni 100. Sedangkan di blog lain, jumlah visitornya 75, masing-masing menyaksikan 3 halaman, memiliki arti jumlah pageviewnya? Ya benar, 225. Bayangkan kalau yang tiba 100, masing-masing baca 3 halaman, berarti? Jawab sendiri yah.
Nah, memiliki arti jumlah visitor yang banyak tidak menjamin jumlah pageview akan lebih banyak. Sebaliknya, jumlah visitor yang lebih minim pun belum tentu pageviewnya lebih minim dari yang dibandingkan sebelumnya. Mana yang lebih baik? Kalau ditanya soal ini, niscaya jawabnya: visitor banyak dan pageview yang berkali lipat! Pastinya kan. Akan tetapi alangkah baiknya konsentrasi terlebih dahulu ke pageview. Apa yang mengakibatkan pageview banyak atau sedikit? Kita lihat sekalian sama tipsnya yuk!
1. Tentu saja hal terpenting dalam menghadirkan traffic, baik visitor maupun pageview, yakni SEO yang baik. Jadi, pastikan anda melakukan optimalisasi/peningkatan SEO dan SERP blog secara rutin, berkala, dan tidak cuma berhenti pada "blog yang terindeks" saja, utamanya kerja keras link building yang mesti terus dijalankan bahkan hingga blog jadi yang paling tenar sedunia sekalipun!
2. Buatlah artikel-artikel yang original, unik dan berkualitas. Artikel seperti ini menghasilkan hadirin merasa apa yang dibacanya tidak dapat didapat di wilayah lain. Walau ada banyak blog/website membahas hal yang sama, tetapi tetaplah ada perbedaan walaupun kecil. Membaca satu postingan memukau menyerupai itu menghasilkan hadirin ingin menengok artikel-artikel yang lainnya.
3. Tawarkan sesuatu di dalam artikel-artikel anda meski cuma cara paling sederhana sekalipun. 'Sesuatu' tersebut tentu bukan cuma kiat saja, bisa pula pemikiran, pendapat, solusi, tantangan, dan lain-lain. Seringkali banyak blog yang menyodorkan info selaku "as is", apa adanya. Akan tetapi, ini yakni wacana bloggging, penulis berhak memberi tambahan, baik dari sisi sudut pandang, keistimewaan dan kekurangan, penilaian, hingga solusi.
4. Buatlah navigasi blog yang kaya dan mudah dilihat/ditemukan oleh pengunjung. Gunakan widget-widget pendukung navigasi menyerupai recent post, popular post, kategori/label, arsip (saya sarankan gunakan widget bawaan Blogger sebab lebih enteng diangkut dan sudah kaya akan fitur seperti: snippet dan thumbnail). Untuk mengenali adanya postingan yang berkaitan, beri hadirin navigasi seperti related post widget, recent post widget, popular post, dll. Sering saya menerima blog-blog yang isinya memukau tetapi tidak mempunyai navigasi yang mencukupi sehingga sukar mendapat link ke postingan lain untuk dibaca. Hindari widget-widget yang tidak penting dan maksimalkan navigasi.
5. Internal linking di dalam posting, selain berharga untuk SEO, berkhasiat pula bagi pengunjung, yakni selaku rujukan ke posting lain yang mempunyai info tertentu dan lebih detil. Tanamkan link-link posting lain pada keyword atau phrase yang berkaitan. Contohnya, anda sanggup menyaksikan beberapa link yang saya tanam di posting ini.
6. Ada yang bilang postingan yang terlalu panjang itu kurang bagus. Namun menurut saya itu tergantung bagaimana mutu dan ramuan kata-kata yang digunakan. Jadi, kalau anda mempunyai postingan blog yang panjang, pastikan semua kata memang harus ada dan penting untuk dibaca.
7. Update dan tambah postingan secara berkala semampu anda. Sebuah blog yang mempunyai jumlah postingan yang banyak, variatif, dan kaya akan isi akan memperbesar kemungkinan visitor untuk menyaksikan lebih dari satu postingan setiap berkunjung. Namun, amati mutu artikel. Jangan hingga isinya tidak mempunyai nilai/value bagi pengunjung. Perhatikan pula originalitasnya, jangan hingga sebab ada permintaan mesti melaksanakan posting, anda mesti memaksa diri copy paste postingan orang lain. Selain merugikan penulis asli, hal ini akan merugikan anda sendiri sebab pembaca/pengunjung niscaya akan menganggap anda, terlebih kalau hadirin mesti mengajukan pertanyaan dan anda mesti menjawab tetapi anda tidak berkapasitas untuk menjawabnya, ini lebih merugikan lagi. Lakukan update secara teratur sesuai kesanggupan dan kalau perlu buatlah kegiatan posting.
8. Salah satu aspek penyebab hadirin lari atau sesegera mungkin mengakhiri membaca satu posting saja yakni load time (waktu loading) dan berat blog yang terlalu lama/banyak. Jika hadirin mesti membuka halaman kedua yang ingin ia baca tetapi menanti terlalu lama, maka kemungkinan untuk menutup (close) halaman tersebut kian besar. Bahkan dalam beberapa kasus, hadirin terpaksa menutup halaman yang serupa sekali belum beliau baca setelah menemukannya di search engine. optimalkan kecepatan loadingnya. Faktor yang umumnya menghipnotis waktu loading blog yakni file javascript dan file-gambar yang banyak dan berskala besar.
9. Design/tampilan besar lengan berkuasa kepada ketentraman membaca. Design disini bukan memiliki arti sebuah performa yang mesti mewah, tetapi mempunyai tata letak dan paduan warna yang pas dan yummy dilihat. Justru performa yang terlalu glamor dan wah terkadang menghasilkan hadirin tidak konsentrasi dan bosan. Fokuskan design pada penataan navigasi dan tema yang menghasilkan hadirin betah.
Bagaimana dengan cara yang anda ketahui untuk meningkatkan jumlah pageview blog anda? Feel free untuk menyodorkan di kotak komentar. Thanks :D
mencuri yakni pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com
mencuri yakni pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com