"Penting! Link building sungguh penting untuk SEO Blog!" Itu yakni statemen yang benar-harus diteriakkan oleh saya berhubungan dengan jerih payah kenaikan SEO blog/website, alasannya sih nanti saja, belakangan. haha.
Jadi, apa itu link building?
Link building yakni proses untuk menciptakan dan mengembangkan jumlah dan mutu inbound link, yakni link yang mengarah ke suatu halaman blog/website.
Mengapa dijalankan proses itu? Karena makin tingi jumlah dan mutu link yang mengarah ke suatu halaman blog/website, makin tinggi pula popularitas dan visibilitasnya. Dalam kaitannya dengan SEO, ranking suatu halaman sanggup meningkat seiring dengan meningkatnya popularitas dan visibilitas tersebut. Artikel gres dari suatu blog yang sudah terkenal di mata search engine juga akan cepat terindeks dan cepat mempunyai SERP yang baik.
Oke sebelum pembahasan tentang link building diarahkan lebih jauh, kita ketahui dahulu apa itu sebenarnya "link". Link yakni connector (penghubung) antara dua halaman web, baik dari suatu halaman utama (homepage) maupun dari suatu sub halaman ke sub halaman yang yang lain (post/article page). Link ialah belahan dari navigasi situs web yang tidak sanggup dipisahkan. Link yang demikian disebut selaku internal link.
Lalu, ada pula external link, yakni link suatu halaman situs web yang berada di halaman situs web yang lain, atau sebaliknya. Sebagai contoh, saat anda mensubmit postingan ke situs direktori postingan dan mencantumkan link postingan website/blog anda, maka terdapat koneksi yang terhubung dari halaman direktori ke halaman postingan anda lewat link tersebut.
Dengan demikian, sudah terang bahwa link building juga mempunyai arti membangun link baik secara internal (internal linking) maupun secara eksternal (external linking).
Internal linking mempunyai arti membangun navigasi untuk suatu webiste/blog di dalam website/blog itu sendiri. Semakin baik internal linking, makin baik pula navigasinya bagi hadirin maupun di mata search engine. Logikanya, hadirin sanggup dengan gampang mencari postingan yang diharapkan dan berkaitan. Reference (referensi) dari suatu halaman ke halaman yang lain menampilkan adanya keterkaitan suatu isi satu sama lain. Selain itu, search engine sanggup dengan gampang memetakan link-link yang ada di dalam website/blog.
Eksternal linking yakni jerih payah untuk membangun reference dari suatu blog/website lain lewat link yang mengarah ke blog/website tertentu. Adanya reference ini menampilkan bahwa isi suatu halaman website/blog itu penting di mata website/blog lain. So, bertambah banyak dan bermutu eksternal link yang mengarah, makin penting pula halaman blog/website tersebut. Search engine kemudian melihatnya selaku popularitas dan visibilitas suatu halaman website/blog, oleh karena itu beliau kemudian mengoptimalkan ranking-nya di dalam halaman search engine (SERP). Kemudian, sebab link halaman tersebut direferensikan oleh banyak blog/website yang juga memiliki nilai penting dan mempunyai keterkaitan yang bagus di mata search engine (berkualitas), maka search engine (Google) menghadiahi halaman tersebut dengan PageRank. :)
Internal linking mempunyai arti membangun navigasi untuk suatu webiste/blog di dalam website/blog itu sendiri. Semakin baik internal linking, makin baik pula navigasinya bagi hadirin maupun di mata search engine. Logikanya, hadirin sanggup dengan gampang mencari postingan yang diharapkan dan berkaitan. Reference (referensi) dari suatu halaman ke halaman yang lain menampilkan adanya keterkaitan suatu isi satu sama lain. Selain itu, search engine sanggup dengan gampang memetakan link-link yang ada di dalam website/blog.
Eksternal linking yakni jerih payah untuk membangun reference dari suatu blog/website lain lewat link yang mengarah ke blog/website tertentu. Adanya reference ini menampilkan bahwa isi suatu halaman website/blog itu penting di mata website/blog lain. So, bertambah banyak dan bermutu eksternal link yang mengarah, makin penting pula halaman blog/website tersebut. Search engine kemudian melihatnya selaku popularitas dan visibilitas suatu halaman website/blog, oleh karena itu beliau kemudian mengoptimalkan ranking-nya di dalam halaman search engine (SERP). Kemudian, sebab link halaman tersebut direferensikan oleh banyak blog/website yang juga memiliki nilai penting dan mempunyai keterkaitan yang bagus di mata search engine (berkualitas), maka search engine (Google) menghadiahi halaman tersebut dengan PageRank. :)
Nah, disini mempunyai arti kita sudah hingga pada SEO (Search Engine Optimization) dan cukup beralasan sudah mengapa link building itu penting. So, bagaimana melakukan proses link building yang bagus bagi SEO? Dari apa yang sudah sedikit dibahas di atas, kita ketahui bahwa syarat link yang bagus mesti menyanggupi beberapa tolok ukur dan tidak hanya bergantung dari jumlahnya tetapi juga kualitasnya, yakni bersumber dari website/blog yang credible (bisa diartikan selaku blog/website yang ber-PageRank lebih tinggi), berhubungan (memiliki topik/tema yang sama), dan mengandung anchor text yang sesuai.
Berikut kiat untuk melakukan link building yang baik:
A. Internal linking:
1. Buat navigasi-navigasi yang mengandung link-link blog dan membuat lebih gampang visitor.
2. Tanamkan link suatu halaman posting lain di dalam posting tertentu sesuai dengan anchor text dan keyword yang berkaitan. Ini juga memudahkan visitor untuk mengetahui suatu hal yang tidak diterangkan di satu halaman posting blog tetapi diterangkan di halaman yang lainnya.
3. Hindari link ke dalam halaman blog lain yang menggunakan redirect link, sebab search engine tidak memperhitungkan redirect link. Itulah mengapa saya tidak begitu banyak menggunakan widget yang menggunakan redirect link. Satu dua widget sih tidak masalah, namun jangan semuanya. Widget-widget eksternal umumnya menggunakan javascript yang melakukan generating feed dari yahoo pipes, RSS/atom feed, ajax, dan lain-lain yang menciptakan redirect links.
B. Eksternal linking:
Eksternal linking sanggup dijalankan dengan banyak cara, ekstrimnya hingga pada perdagangan link (buy sell links), spam dan lain-lain. Namun saya tidak akan mengetengahkan cara-cara tersebut disini. Selain sebab tidak pernah dan tak mempunyai pengalaman wacana cara-cara tersebut, Google juga sudah menampilkan warning-nya dalam Guidelines Google tentang Quality Content. So, disini kita akan belajar tentang link building secara natural di dalam organic SEO
Yang mesti diketahui apalagi dahulu yakni tentang link yang berlabel dofollow dan nofollow. Link yang mengandung "rel=nofollow", akan diabaikan selaku reference yang bermutu oleh Google, walaupun masih terhitung selaku backlink. Tag tersebut digunakan sebab banyaknya web spam yang diindeks oleh Google dan merugikan banyak situs web lain yang bermutu tetapi kalah dalam SEO. Sedangkan Yahoo dan beberapa search engine lain tidak memperhatikan ini. Itulah mengapa kita sanggup dengan gampang mendapakan puluhan ribu backlink Yahoo, sedangkan untuk mendapat 1 backlink saja dari Google susahnya setengah mati. Selain itu, Google juga memperhatikan mutu dan keterkaitan anchor text dari website/blog lain yang menampilkan backlink.
So, berikut tindakan dasar untuk membangun eksternal link:
1. Submit blog ke direktori dan social bookmark. Prioritaskan direktori dan social bookmark yang dofollow.
2. Blogwalking memang ampuh selaku fasilitas untuk membangun link. Berkomentarlah dengan meninggalkan link yang ingin anda maksimalkan dan isi nama komentator dengan anchor text yang ingin dioptimalkan. Sekali lagi, untuk backlink Google, utamakan pada blog-blog dengan comment dofollow.
3. Pastikan mempunyai postingan yang original dan bukan contekan sehingga anda sanggup mendapat linkback dari website/blog lain yang mereferensi atau meng-copy postingan blog anda. Jika ada yang copy-paste tanpa linkback/link sumber, pastikan untuk memintanya. Itulah mengapa saya sungguh menekankan adanya link sumber pada postingan saya yang di-copas, ini demi kebaikan bersama. Karena sekali Google mengenali suatu postingan yakni contekan, maka beliau akan menurunkan ranking SERP-nya serendah mungkin, atau bahkan menghapus dari indeks hasil pencarian.
4. Perhatikan betul-betul penggunaan anchor text pada link (hyperlink) yang ditinggalkan sesuai dengan target keyword yang ingin dioptimalkan di search engine, misalnya pada blog ini saya menggunakan "tips-tricks blogger" selaku keyword yang sedang dioptimalkan.
6. Link eksternal juga tergolong link-link dari dalam blog yang mengarah ke website/blog lain. Memberikan link back terhadap situs-situs dengan dapat diandalkan dan rank yang bagus juga sanggup menampilkan nilai tambah di mata search engine. Hindari memberi link pada situs-situs yang mempunyai dapat diandalkan buruk, misalnya web spammer, auto content, agregator, search engine blog, blog yang tak mempunyai original content, dan situs-situs sampah lainnya sebab ini sanggup menurunkan pouplaritas suatu web/blog. Kita tidak sanggup mengendalikan siapa yang menampilkan backlink ke blog/website kita, namun kita sanggup mengendalikan dan memperhatikan siapa yang kita beri backlink.
7. Untuk blog-blog baru, tingkatkan apalagi dahulu link halaman utama (homepage) untuk memperkuat otoritas dan popularitasnya.
Selain cara-cara di atas, anda sanggup membangun link dengan misalnya menjadi guess blogger (sebagai penulis tamu di blog lain), tetapi untuk mengawalinya, saya lebih menekankan pada cara-cara tersebut di atas. Merawat blog tidak hanya dengan menghabiskan waktu bareng blog saja tanpa "berkelana" ke dunia luar, sebab banyak pelajaran dan faedah yang sanggup diambil tergolong dalam usaha mengembangkan SEO blog lewat link building.
mencuri yakni pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com
Berikut kiat untuk melakukan link building yang baik:
A. Internal linking:
1. Buat navigasi-navigasi yang mengandung link-link blog dan membuat lebih gampang visitor.
2. Tanamkan link suatu halaman posting lain di dalam posting tertentu sesuai dengan anchor text dan keyword yang berkaitan. Ini juga memudahkan visitor untuk mengetahui suatu hal yang tidak diterangkan di satu halaman posting blog tetapi diterangkan di halaman yang lainnya.
3. Hindari link ke dalam halaman blog lain yang menggunakan redirect link, sebab search engine tidak memperhitungkan redirect link. Itulah mengapa saya tidak begitu banyak menggunakan widget yang menggunakan redirect link. Satu dua widget sih tidak masalah, namun jangan semuanya. Widget-widget eksternal umumnya menggunakan javascript yang melakukan generating feed dari yahoo pipes, RSS/atom feed, ajax, dan lain-lain yang menciptakan redirect links.
B. Eksternal linking:
Eksternal linking sanggup dijalankan dengan banyak cara, ekstrimnya hingga pada perdagangan link (buy sell links), spam dan lain-lain. Namun saya tidak akan mengetengahkan cara-cara tersebut disini. Selain sebab tidak pernah dan tak mempunyai pengalaman wacana cara-cara tersebut, Google juga sudah menampilkan warning-nya dalam Guidelines Google tentang Quality Content. So, disini kita akan belajar tentang link building secara natural di dalam organic SEO
Yang mesti diketahui apalagi dahulu yakni tentang link yang berlabel dofollow dan nofollow. Link yang mengandung "rel=nofollow", akan diabaikan selaku reference yang bermutu oleh Google, walaupun masih terhitung selaku backlink. Tag tersebut digunakan sebab banyaknya web spam yang diindeks oleh Google dan merugikan banyak situs web lain yang bermutu tetapi kalah dalam SEO. Sedangkan Yahoo dan beberapa search engine lain tidak memperhatikan ini. Itulah mengapa kita sanggup dengan gampang mendapakan puluhan ribu backlink Yahoo, sedangkan untuk mendapat 1 backlink saja dari Google susahnya setengah mati. Selain itu, Google juga memperhatikan mutu dan keterkaitan anchor text dari website/blog lain yang menampilkan backlink.
So, berikut tindakan dasar untuk membangun eksternal link:
1. Submit blog ke direktori dan social bookmark. Prioritaskan direktori dan social bookmark yang dofollow.
2. Blogwalking memang ampuh selaku fasilitas untuk membangun link. Berkomentarlah dengan meninggalkan link yang ingin anda maksimalkan dan isi nama komentator dengan anchor text yang ingin dioptimalkan. Sekali lagi, untuk backlink Google, utamakan pada blog-blog dengan comment dofollow.
3. Pastikan mempunyai postingan yang original dan bukan contekan sehingga anda sanggup mendapat linkback dari website/blog lain yang mereferensi atau meng-copy postingan blog anda. Jika ada yang copy-paste tanpa linkback/link sumber, pastikan untuk memintanya. Itulah mengapa saya sungguh menekankan adanya link sumber pada postingan saya yang di-copas, ini demi kebaikan bersama. Karena sekali Google mengenali suatu postingan yakni contekan, maka beliau akan menurunkan ranking SERP-nya serendah mungkin, atau bahkan menghapus dari indeks hasil pencarian.
4. Perhatikan betul-betul penggunaan anchor text pada link (hyperlink) yang ditinggalkan sesuai dengan target keyword yang ingin dioptimalkan di search engine, misalnya pada blog ini saya menggunakan "tips-tricks blogger" selaku keyword yang sedang dioptimalkan.
6. Link eksternal juga tergolong link-link dari dalam blog yang mengarah ke website/blog lain. Memberikan link back terhadap situs-situs dengan dapat diandalkan dan rank yang bagus juga sanggup menampilkan nilai tambah di mata search engine. Hindari memberi link pada situs-situs yang mempunyai dapat diandalkan buruk, misalnya web spammer, auto content, agregator, search engine blog, blog yang tak mempunyai original content, dan situs-situs sampah lainnya sebab ini sanggup menurunkan pouplaritas suatu web/blog. Kita tidak sanggup mengendalikan siapa yang menampilkan backlink ke blog/website kita, namun kita sanggup mengendalikan dan memperhatikan siapa yang kita beri backlink.
7. Untuk blog-blog baru, tingkatkan apalagi dahulu link halaman utama (homepage) untuk memperkuat otoritas dan popularitasnya.
Selain cara-cara di atas, anda sanggup membangun link dengan misalnya menjadi guess blogger (sebagai penulis tamu di blog lain), tetapi untuk mengawalinya, saya lebih menekankan pada cara-cara tersebut di atas. Merawat blog tidak hanya dengan menghabiskan waktu bareng blog saja tanpa "berkelana" ke dunia luar, sebab banyak pelajaran dan faedah yang sanggup diambil tergolong dalam usaha mengembangkan SEO blog lewat link building.
mencuri yakni pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com