SEO blog/web di mata search engine. Pertanyaannya, apakah traffic besar cuma sanggup didapat dari search engine? Jawaban lantangnya: Tentu Tidak! (dengan accent bicara gaya Cinta Laura).
Demikian halnya dengan marketing atau penjualan produk secara online. Prospek cerah timbul ketika banyak traffic masuk ke web/blog/landing page. Pertanyaan yang sama, apakah traffic serta jumlah transaksi penjualan tersebut cuma didapat dari search engine (baca: Google)? Jawabannya sama juga: Tentu Tidak! (kali ini dengan gaya-nya Sule).
Ada banyak cara untuk mendapat traffic. Dalam dunia blog dimengerti ungkapan blogwalking, traffic exchange, buy-sell traffic, dan masih banyak lagi. Melalui cara natural, traffic juga sanggup didapat apabila hadirin menggemari blog/web dan kemudian mengerjakan bookmark atau mengerjakan kunjungan secara eksklusif tanpa media perantara, dimengerti dengan enthusiast visitors. Ada cara lain lagi? Ya, jawabannya yakni social media! Social media sudah menjadi respon penting bagi dunia online marketing. Ada ratusan bahkan ribuan social media yang siap untuk menjadi senjata traffic. Yang paling popular yakni Facebook dan Twitter. Kali ini kita akan berkonsentrasi pada taktik dan optimalisasi Facebook selaku media penjemput traffic blog/webdan penjualan/marketing.
Perlengkapan/Peralatan Facebook Sebagai alat Publikasi Blog/Web
Ada banyak tools Facebook yang sanggup eksklusif kita gunakan. Point utama dari tool/peralatan yang mau disampaikan di bawah ini yakni yang gratis, alasannya yakni "Gratis" hingga ketika ini masih mesti menjadi "keyword utama" selagi masih ada caranya. Setidaknya, ada empat tool utama untuk mengerjakan publikasi dan memajukan popularitas serta traffic web/blog.
Facebook Page, atau yang dulunya dimengerti selaku Facebook Fan Page, ialah halaman Facebook khusus yang berfungsi untuk meng-cover dan memperlihatkan halaman public dengan tema tertentu. Setiap orang sanggup membuat facebook page apapun kebutuhannya. Pada perkembangannya, Facebook page kemudian digunakan selaku alat publikasi bagi organisasi profit maupun non profit serta bagi web/blog. Facebook page sanggup menjadi pintu gerbang bagi pengenalan produk atau konten yang kemudian mengarahkan hadirin menuju sumber utamanya, yakni blog/web. Pengunjung/pengguna Facebook secara otomatis sanggup mengakses beberapa bab halaman Facebook page dan mendapat update informasinya setelah ia mengerjakan "like" page tersebut.
Likebox berperan penting untuk memajukan jumlah likers pada Facebook Page. Memasang Facebook like box di halaman blog/web menyediakan potensi bagi hadirin untuk me-"like" blog anda lewat Facebook Page.
Membagi link posting blog ke Facebook ialah cara untuk menawan perhatian pengguna Facebook. Kesempatan untuk mendapat traffic ke blog pun bertambah. Akan tetapi, kalau dijalankan secara manual, cara ini akan banyak menyedot waktu dan fokus. Untungnya ada banyak tool yang sanggup digunakan untuk mempublikasikan warta postingan ke Facebook secara otomatis setelah artikel/posting blog dibuat. Salah satunya yakni auto publish postingan ke Facebook dengan RSSGraffiti.
Berbeda dengan like box, tool yang satu ini sanggup digunakan secara independen tanpa mesti memiliki Facebook Page. Fungsi dari Facebook like ini yakni untuk memperlihatkan kesukaan hadirin kepada konten sebuah halaman blog/web. Setelah mengerjakan like, secara otomatis akan timbul posting gres di wall Facebook si hadirin yang menunjukkan bahwa ia menggemari sebuah halaman blog/web tertentu. Pasang Facebook Like Plugin di setiap halaman web/blog untuk memperlengkap jerih payah kenaikan tarffic Blog lewat Facebook.
1. Isi Facebook page dengan warta singkat mengenai produk atau web/blog anda. Jangan terlalu berbelit dan berlebihan serta jangan tuangkan semua isi blog/webke Facebook Page. Fokuskan pada informasi-informasi permulaan dan buat hadirin kesudahannya terpikat untuk mendatangi web/blog.
2. Manfaatkan Facebook Page cuma selaku fasilitas update dan publikasi serta wadah interaksi kecil dengan likers/pengguna Facebook. Segala bentuk hal yang berbau transaksional semestinya dijalankan di tujuan akhirnya, yakni di web/blog atau landing page. Ini berencana untuk memusatkan segala bentuk transaksi cuma di satu muara saja. Keuntungannya, hadirin mampu menyaksikan hal lain di blog/web yang tidak dijumpai di Facebook Page dan membuka potensi untuk menyaksikan halaman lain, otomatis traffic dan pageview pun meningkat.
3. Memperbanyak likers/pengguna facebook yang mengerjakan "like" baik pada Facebook Page, Like Box, ataupun Facebook Like ialah cara untuk memajukan traffic. Ada banyak penawaran berbayar yang sanggup menghandle keperluan ini, misalnya lewat Facebook Adverts, atau layanan lainnya.. Namun, kalau ingin gratisan, saya sarankan untuk menerimanya secara natural. Produk/konten yang menawan perhatian akan memancing pengguna Facebook untuk menyumbang "like". Efek yang didapat mungkin tidak eksklusif dari sobat anda. Facebook like bersifat trend sehingga teman-teman anda yang mengerjakan like akan menimbulkan warta tentang acara tersebut secara otomatis di wall mereka dan seterusnya. Gunakan suggestion, message, chat, comment, status untuk mengiklankan Facebook Page. Cara ini mungkin kurang elegan, tetapi sah-sah saja.
4. Dalam menggunakan Auto Publish Tool, lakukan setting untuk menyeleksi jarak hadirnya posting di Facebook. Hendaknya jarak waktu tidak terlampau akrab dengan publikasi postingan di blog. Beri jeda paling tidak 30 menit setelah artikel/posting terbuat. Ini sungguh mempunyai kegunaan apabila anda mesti mengedit kembali artikel/posting blog apabila dijumpai kesalahan. Kualitas posting tersadar dan hadirin pun suka.
5. Set auto publish ke aneka macam jenis halaman Facebook, baik ke Wall Facebook anda, Facebook Page, dan Group. Ini untuk mengoptimalkan visibilitas posting blog oleh aneka macam pengguna Facebook.
6. Optimalkan dan terus lakukan upaya publikasi blog/web anda lewat Facebook Tools tersebut. Jangan segan untuk mengerjakan checking secara terstruktur dan menyaksikan kemajuan traffic dan impression pada Facebook Page maupun tool yang lain.
Good Luck!
mencuri yakni pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com
Good Luck!
mencuri yakni pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com