Business Blogging: Antara Blog, Web, & Landing Page

membuat blog selaku  fasilitas  bisnis secara online Business Blogging: Antara Blog, Web, & Landing Page

Blogging For Business Series (1): Introduction

Poin penting dalam membuat blog selaku fasilitas bisnis secara online merupakan pengertian terhadap blog dan dunia web. Dengan mengetahui fungsi-fungsi dasarnya, penggunaan blog selaku lahan bisnis sanggup menjadi maksimal dan berpengaruh signifikan. Berbagai macam argumentasi dan latar belakang digunakan untuk menguatkan penggunaan blog selaku fasilitas ber-bisnis, mulai dari sifatnya yang non-statis, murah, dan bahkan gratis. Namun, ada banyak lagi hal yang mesti diamati mudah-mudahan blog betul-betul menjadi fasilitas efektif untuk menyuarakan penawaran spesial produk yang terdengar sampai ke khalayak luas tanpa meminimalisir mutu serta tujuan akhirnya: Uang.

 

Perbedaan Website dan Blog

Meskipun ketika ini pengertian antara blog dan situs web telah makin kabur, tetapi ada baiknya kita lihat signifikansi perbedaannya sampai menimbulkan perumpamaan "blog" dan "website".

Secara struktural, perbedaan situs web dan blog merupakan pada jenis halaman. Halaman-halaman utama situs web bersifat statis, sedangkan halaman blog bersifat non-statis dimana content-nya senantiasa berubah dan bertambah. Secara fungsional, suatu situs web berisi  halaman-halaman formal yang menampung banyak sekali macam fitur sesuai dengan tujuan pengerjaan web tanpa melibatkan interaksi langsung. Website digunakan selaku base (situs resmi) dimana semua bentuk product diperlihatkan dan transaksi dilakukan. Sedangkan suatu blog (awalnya weblog) berfungsi selaku "online diary". Seorang blogger sanggup menuangkan pemikiran, ide/pendapat, cerita, maupun pemberitahuan secara lebih personal dan juga sanggup eksklusif menerima respon dari pengunjung/blogger lain lewat komentar. Blog berisikan urutan posting yang terus terupdate mengikuti proses yang dialami oleh penulisnya. Posting modern umumnya terletak di bab atas disertai oleh posting-posting yang lebih usang di bawahnya. Website sebenarnya sanggup memakai fitur forum atau thread untuk meng-cover diskusi dengan pengunjung, tetapi cara ini dipandang kurang efektif.

 

Mengapa Para Pe-Bisnis Memilih Blog untuk Memasarkan Produk?

Kita lihat bertambah banyak perusahaan maupun personal yang bergerak di bidang bisnis berbondong-bondong menciptakan atau memakai blog selaku fasilitas penjualan produk, baik secara terpisah maupun menyatu selaku bab dari situs web resminya.

Ada banyak laba dan argumentasi menggunakan blog selaku fasilitas periklanan (promosi) dan penjualan produk. Setidaknya, berikut 4 poin pentingnya:
1. Blog lebih gampang dan lebih singkat dibuat.
2. Membutuhkan ongkos rendah dan bahkan gratis, baik dalam pembuatannya maupun selaku fasilitas periklanan (advertising).
3. Blog berisi artikel/posting wacana suatu pemberitahuan yang terus ter-update. Kemungkinan jumlah dan update postingan memiliki arti kemungkinan pula akan makin sering dan gampangnya artikel/posting tersebut didapatkan di search engine. Pengunjung rata-rata memutuskan mencari pemberitahuan lewat search engine. Selain itu, hadirin lebih memutuskan mencari pemberitahuan yang up-to-date, sehingga mereka lebih menggemari berkunjung ke blog-blog yang berisi review dan pemberitahuan terakhir ketimbang mengunjung situs web konvensional dari produk yang dicarinya. Fakta lain, search engine didominasi oleh artikel-artikel blog yang dinamis dan bukan oleh website.
4. Traffic ke situs web akan makin meningkat dengan munculnya hadirin dari blog yang merujuk (linking back) ke situs web tersebut; sehingga, kemungkinan terjadinya transaksi penjualan makin besar.

 

Apa dan Mengapa Harus Ada Landing Page? Kaitannya dengan Blog Apa?

Landing page merupakan halaman tujuan tamat hadirin yang tiba dari klik pada iklan (misalnya: PPC), link yang ditebar, link dari blog yang memuatnya, marketing campaign (contoh: Google Adwords), link dari email, comment di blog, link di sidebar blog, dan lain-lain. Fungsi dari landing page merupakan untuk menarik pengunjung, memperbesar ketertarikan, memperkecil penolakan, menjajal mendapatkan email, dan menjadi langkah pertama sebelum transaksi sebenarnya terjadi (yang kemudian, jikalau berhasil, rampung dengan transaksi di situs web resmi). Sebagai contoh, anda sanggup menyaksikan landing page bisnis online milik Pak Joko Susilo, di sini (berupa halaman penjaring email), atau di sini (berupa website).

Kaitannya dengan Blog, posting blog sanggup menjadi alat ampuh untuk mengarahkan traffic (driving traffic) ke landing page tersebut. Selain alasannya merupakan traffic dari search engine ke blog sanggup dikelola dan ditingkatkan, blog merupakan fasilitas paling murah (bahkan gratis) dibanding memakai fasilitas iklan atau marketing campaign.

Menggunakan landing page merupakan salah satu cara, apabila anda ingin traffic eksklusif terarah ke situs web resmi/blog itu sendiri, itu tidak masalah, asalkan halaman web/blog yang dituju memiliki konten yang menarik serta lebih mengembangkan minat hadirin dan menampilkan fasilitas bertransaksi, sampai karenanya ia tentukan bertransaksi.

 

Posting Blog Berkualitas dan SEO

Blog yang memiliki mutu konten yang bagus serta SEO yang terbangun secara maksimal sanggup mengembangkan minat dan jumlah klik hadirin (traffic) baik ke situs web maupun ke landing page. Tentunya, untuk meraih jumlah kunjungan permulaan ke blog tersebut, SEO blog tersebut mesti baik. SEO blog dan pagerank tinggi (setidaknya dalam SERP) sanggup memperkuat visibilitas dan popularitas website/halaman yang dituju di mata search engine serta mengarahkan traffic yang banyak. Itulah mengapa banyak perusahaan maupun personal yang bergerak di bidang bisnis beramai--ramai mengadakan lomba SEO. Tujuannya terang untuk memperkuat popularitas dan rank blog/webnya di search engine serta menerima traffic yang banyak. Jika akseptor lomba SEO berjumlah ribuan, dan seluruhnya memiliki SEO yang baik, sanggup dibayangkan seberapa besar kekuatan SEO situs web penyelenggara lomba tersebut, bukan?

Kembali ke mutu posting dan SEO-nya. Review yang sepadan dan memakai dasar-dasar  pemikirian, referensi, serta research (meskipun kecil-kecilan) dapat  menciptakan mutu posting yang tinggi. Penggunaan bahasa serta pengolahan kata yang  matang merupakan taktik perkasa dalam menciptakan goresan pena yang sempurna sasaran. Intelektualitas pengolahan kata memang sungguh penting dalam mengajak, merayu, dan mempengaruhi pengunjung. Sebagai penyempurnaan akhir, pengolahan dan tata letak keyword, penanaman link pada keyword tertentu, merupakan finishing puncak untuk memperkuat SERP posting tersebut. Harus diakui, pekerjaan menulis blog bukanlah pekerjaan yang gampang dan mesti menjadi perhatian sarat alasannya merupakan di situlah letak kekuatan utamanya. Blogging is writing.

Update posting serta kombinasi pemberitahuan juga merupakan taktik mudah-mudahan hadirin senantiasa menerima update pemberitahuan yang aktual. Jumlah posting yang banyak pun merupakan cara untuk menampilkan terhadap hadirin banyak sekali macam pemberitahuan tentang produk-produk yang ditawarkan. Beberapa waktu yang lalu, ada hadirin yang mengajukan pertanyaan lewat komentar di posting Tips: Cara Membuat dan Membangun Blog Secara Efektif:
Kalau blogspotnya kita pakai untuk jualan dan produknya gak banyak, kan sulit nulis artikelnya banyak2 Mas
kalau bikin blog untuk jualan dan jualannya sedikit, sulit ya dapetin PRnya google?
Kedua pertanyaan di atas berpokok pada jumlah posting. Berikut jawaban komentar saya:
Ada perbedaan antara blog dan website. Blog bersifat lebih dinamis dan senantiasa bersifat update (seperti koran/majalah, pemberitahuan tv, dll, inilah makanya blog punya perumpamaan "posting"). buat artikel2 yang relevan dengan produk2 yang anda jual. Artikel yang lebih banyak akan memiliki kemungkinan kunjungan dan pageview yang lebih banyak pula. berikan pemberitahuan yang bermanfaat, solutif, memberi wacana, dan berhubungan dengan produk2 tersebut dan karenanya mengarah ke landing page (website)/produk, dimana semua transaksi karenanya terjadi. Search engine juga akan lebih banyak mengindeks halaman2, dan jikalau niche-nya jelas, ranking (SERP) akan lebih gampang didapat. Akan saya ulas ini ke depan dengan lengkap bareng strateginya. Insya Allah :D
Jumlah produk sedikit bukan memiliki arti posting blog mesti sedikit. Perbesar kemungkinan kunjungan dengan menciptakan posting yang variatif dan terus di-update kemudian laksanakan peningkatan SEO blog dan posting-posting tersebut. 

Oleh alasannya merupakan itu, kita sering menyaksikan banyak kerja keras bisnis yang dijalankan secara online menyewa penulis blog untuk menciptakan posting yang bermutu dan kontinyu. Akhirnya dikenal-lah perumpamaan copywriting (jasa penulisan postingan blog) dan copywriter (penulis postingan blog). Jika berhubungan dengan SEO, kemudian kita kenal pula SEO copywirting dan SEO copywriter. Apabila tidak ada waktu atau menurut anda pekerjaan menulis merupakan sesuatu yang terlalu menguras pemikiran, anda sanggup memakai jasa copywriter. Jangan sekali-kali memakai postingan hasil copy paste alasannya merupakan itu sungguh merugikan dan menghancurkan dapat diandalkan nama anda serta nama perusahaan/produk.

Jika waktu merupakan uang, dan kerja keras penulisan blog memerlukan waktu banyak, anda sanggup menelepon copywriter yang banyak dijumpai di forum-forum ataupun situs-situs lelang (bidding) pekerjaan menulis (writing job). Saya sering pula menerima pekerjaan copywriting dari beberapa situs web atau perusahaan untuk menuliskan postingan blog baik pada blog milik situs web peminta jasa atau pada blog bisnis saya. Jika berhasrat lihat halaman Advertise untuk ketentuannya dan juga sanggup kontak saya eksklusif lewat Contact Me untuk obrolan lebih lanjut.

Selamat membuka usaha dengan blog!

References and further readings:
mencuri merupakan pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Related Posts